MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU JARI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK QUR’AN IMAM SYAFI’I PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author HASANAH
dc.date.accessioned 2022-11-15T03:19:50Z
dc.date.available 2022-11-15T03:19:50Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1730
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, kemampuan matematika awal anak sebelum menggunakan media pembelajaran kartu jari. Kedua, penggunaan media pembelajaran kartu jari untuk meningkatkan kemampuan matematika awal Ketiga, kemampuan matematika awal setelah menggunakan media pembelajaran kartu jari. Keempat, signifikan dalam peningkatan penggunaan media pembelajaran kartu jari terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan, yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan/pelaksanaan 3) Pengamatan/observasi 4) Refleksi. Dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi. Tindakan penelitian kelas dipilih untuk meningkatkan kemampuan matematika awal anak dengan menggunakan media kartu jari. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum menggunakan media pembelajaran kartu jari adalah 43,60% dengan kategori BB (Belum Berkembang). Kedua, penggunaan Media Pembelajaran Kartu Jari yang dimulai dengan guru menjelaskan tema pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan, menjelaskan aturan cara penggunaan media pembelajaran kartu jari, melakukan tanya jawab kepada anak dan memberi ulasan kembali tentang kegiatan yang dilakukan serta memberikan motivasi kepada anak. Ketiga, Kemampuan Matematika Awal pada Anak Usia 5- 6 Tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah menggunakan Media Pembelajaran Kartu Jari pada pelaksanaan kegiatan Siklus I dapat diketahui bahwa hasil kemampuan matematika awal anak yaitu 57,09% dengan kategori MB ( Mulai Berkembang). Sedangkan pada pelaksanaan kegiatan siklus II 73,01% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Keempat, Peningkatan yang signifikan dalam Kemampuan Matematika Awal pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah digunakan Media Pembelajaran Kartu Jari. Pada pelaksanaan di siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dalam hal ini terdapat peningkatan dari siklus I yang hasilnya 57,09% menjadi 73,01% pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Matematika Awal en_US
dc.subject Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Jari en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU JARI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK QUR’AN IMAM SYAFI’I PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account