Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) strategi kepala TK dalam
meningkatkan mutu standar pendidik dan tenaga kependidikan di TK Khairul Hikmah
Desa Pasir. (2) strategi kepala TK meningkatkan mutu capaian standar proses di TK
Khairul Hikmah. (3) strategi kepala TK meningkatkan mutu capaian standar sarana dan
prasarana di TK Khairul Hikmah.(4) faktor pendukung dan penghambat kepala TK khairul
hikmah meningkatkan mutu capaian pendidikan di TK Khairul Hikmah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah satu orang kepala TK, Wakil Kepala TK dan
dua orang guru. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi
langsung dan wawancara dengan kepala TK, wakil kepala TK dan guru. Alat pengumpulan
data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis yang
digunakan adalah analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala TK Khairul Hikmah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di TK Khairul Hikmah Desa Pasir kecamatan Mempawa
Hilir : (1) strategi yang dilakukan kepala TK Khairul Hikmah adalah meningkatkan
mutu capaian standar standar proses di TK Khairul Hikmah yaitu kepala TK
menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dibuat guru,
kepala TK melakukan evaluasi terhadap guru yang bersangkutan, dan guru dipanggil dan
diberi masukan serta pengarahan. (2) strategi yang dilakukan kepala TK adalah
meningkatkan mutu capaian standar sarana dan prasarana di TK Khairul Hikmah yaitu
dengan p embuatan ruang kelas baru, kantin, tempat parkir dan lapangan olahraga
s e r t a tabungan surga merupakan program infaq wajib setiap hari Jum’at. (3) faktor
pendukung kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Khairul Hikmah
adalah adanya dukungan partisipasi dari masyarakat ̧dan keterlibatan komite TK dalam
meningkatkan efektivitas pembelajaran. (4) faktor penghambat kepala TK dalam
meningkatkan mutu di TK Khairul Hikmah TK salah satunya adalah pada komponen
input di sistem TK , oleh karenanya maka keadaan siswa harus dipertimbangkan
sedemikian rupa, begitu juga dengan perbedaan antara satu dengan yang lainnya
termasuk perbedaan latar belakangnya.