STRATEGI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KHAIRUL HIKMAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK KHAIRUL HIKMAH DESA PASIR KECAMATAN MEMPAWAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, Muhammad
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.date.accessioned 2022-11-15T02:45:59Z
dc.date.available 2022-11-15T02:45:59Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1728
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) strategi kepala TK dalam meningkatkan mutu standar pendidik dan tenaga kependidikan di TK Khairul Hikmah Desa Pasir. (2) strategi kepala TK meningkatkan mutu capaian standar proses di TK Khairul Hikmah. (3) strategi kepala TK meningkatkan mutu capaian standar sarana dan prasarana di TK Khairul Hikmah.(4) faktor pendukung dan penghambat kepala TK khairul hikmah meningkatkan mutu capaian pendidikan di TK Khairul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah satu orang kepala TK, Wakil Kepala TK dan dua orang guru. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi langsung dan wawancara dengan kepala TK, wakil kepala TK dan guru. Alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala TK Khairul Hikmah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Khairul Hikmah Desa Pasir kecamatan Mempawa Hilir : (1) strategi yang dilakukan kepala TK Khairul Hikmah adalah meningkatkan mutu capaian standar standar proses di TK Khairul Hikmah yaitu kepala TK menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dibuat guru, kepala TK melakukan evaluasi terhadap guru yang bersangkutan, dan guru dipanggil dan diberi masukan serta pengarahan. (2) strategi yang dilakukan kepala TK adalah meningkatkan mutu capaian standar sarana dan prasarana di TK Khairul Hikmah yaitu dengan p embuatan ruang kelas baru, kantin, tempat parkir dan lapangan olahraga s e r t a tabungan surga merupakan program infaq wajib setiap hari Jum’at. (3) faktor pendukung kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Khairul Hikmah adalah adanya dukungan partisipasi dari masyarakat ̧dan keterlibatan komite TK dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. (4) faktor penghambat kepala TK dalam meningkatkan mutu di TK Khairul Hikmah TK salah satunya adalah pada komponen input di sistem TK , oleh karenanya maka keadaan siswa harus dipertimbangkan sedemikian rupa, begitu juga dengan perbedaan antara satu dengan yang lainnya termasuk perbedaan latar belakangnya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Kepala TK en_US
dc.subject Mutu Pendidikan en_US
dc.title STRATEGI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KHAIRUL HIKMAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK KHAIRUL HIKMAH DESA PASIR KECAMATAN MEMPAWAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account