Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Preferensi Masyarakat
Muslim Desa Merarai Dua Terha dap Jasa Perbankan.
Metode penelitian ini yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas
menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian metode survey
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim Desa
Merarai Dua, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang. Berdasarkan Teknik
pengambilan sampel dengan metode Proportional Sampling di dasarkan jenis
pekerjaan dengan sampel 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket (kuesioner) dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Analisis deskriptif, Uji istrumen, Uji asumsi klasik, Analisis
regresi liniear berganda, Uji signifikansi (uji hipotesis) yang meliputi uji parsial (uji
t), uji simultan (uji f), dan Uji koefisien determinasi (r 2 ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel agama, pengetahuan, akses,
promosi, produk perbankan berada dikategori tinggi dan preferensi berada pada
kategori tinggi. Agama, pengetahuan, akses, promosi, produk perbankan Bersama-
sama berpengaruh terhadap preferensi masyarakat desa merarai dua, Kecamatan
Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang.7
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel agama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi masyarakat sebesar 24,1%.
Variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
preferensi masyarakat sebesar 28,8%. Variabel akses berpengaruh positif dan
signifikan terhadap preferensi masyakat sebesar 28,2%. Variabel promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi masyakat sebesar 29,3%.
Variabel produk-produk perbankan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
preferensi masyakat sebesar 23,2%. Variabel agama, pengetahuan, akses, promosi,
dan produk-produk perbankan secara simultan berpengaruh terhadap preferensi
masyarakat sebesar 42,6%. Sedangkan sisanya sebesar 57,7% dipengaruhi oleh
faktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian.