Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Respon Kognitif
nasabah non muslim terhadap keberadaan Bank Kalbar Syariah di Kota
Singkawang; (2) Respon Respon Afektif nasabah non muslim terhadap
keberadaan Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang; (3) Respon
Psikomotorik nasabah non muslim terhadap keberadaan Bank Kalbar Syariah
di Kota Singkawang.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian
ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber Primer
adalah nasabah non muslim Bank Kalbar Syariah Cabang Singkawang; 2)
Sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi dan lain-lain sebagai bahan
referensi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik
Observasi ditempat penelitian, teknik wawancara langsung dengan nasabah
non muslim yang menjadi informan dan teknik dokumentasi. Sedangkan
untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Respon Kognitif dalam penelitian ini semua
informan mengetahui adanya Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang.
Kemudian informan memperoleh informasi mengenai Bank Kalbar Syariah
dari karyawan yang bertugas dan dari teman yang lebih dulu menjadi nasabah.
Proses pengurusan yang mudah dan rasa aman yang diberikan bank membuat
kepercayaan nasabah tinggi dan tetap menjadikan Bank Kalbar Syariah
Cabang Singkawang sebagai tempat menyimpan dana mereka; 2) Respon
Afektif dalam penelitian ini semua informan menyatakan kepuasannya
terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank Kalbar Syariah, pegawainya
ramah, kerja mereka cepat jika diperlukan langsung datang dan mereka
memberikan kenyamanan kepada nasabah. Kemudian mempermudah
sebagian nasabah yang berprofesi sebagai pedagang karena tidak perlu
meninggalkan lapak mereka untuk pergi ke bank; 3) Respon Psikomotorik
dalam penelitian ini berupa tindakan Bank Kepada nasabah. Faktor paling
dominan yang membuat masyarakat non muslim menjadi nasabah Bank
Kalbar Syariah adalah faktor promosi yang dilakukan oleh karyawan Bank
Kalbar Syariah. Adapun tindakan khusus yang dilakukan Bank Kalbar
Syariah adalah adanya sistem jemput bola yaitu sistem dimana nasabah tidak
perlu datang ke bank untuk menyetorkan uang mereka, tetapi ada pegawai
bank yang akan datang langsung ke nasabah untuk mengambil setoran mereka.