RESPON MASYARAKAT NON MUSLIM KOTA SINGKAWANG TERHADAP BANK KALBAR SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Sabirin
dc.contributor.author YULIARSIH, YESI
dc.date.accessioned 2022-11-11T02:59:38Z
dc.date.available 2022-11-11T02:59:38Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1716
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Respon Kognitif nasabah non muslim terhadap keberadaan Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang; (2) Respon Respon Afektif nasabah non muslim terhadap keberadaan Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang; (3) Respon Psikomotorik nasabah non muslim terhadap keberadaan Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber Primer adalah nasabah non muslim Bank Kalbar Syariah Cabang Singkawang; 2) Sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi dan lain-lain sebagai bahan referensi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik Observasi ditempat penelitian, teknik wawancara langsung dengan nasabah non muslim yang menjadi informan dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Respon Kognitif dalam penelitian ini semua informan mengetahui adanya Bank Kalbar Syariah di Kota Singkawang. Kemudian informan memperoleh informasi mengenai Bank Kalbar Syariah dari karyawan yang bertugas dan dari teman yang lebih dulu menjadi nasabah. Proses pengurusan yang mudah dan rasa aman yang diberikan bank membuat kepercayaan nasabah tinggi dan tetap menjadikan Bank Kalbar Syariah Cabang Singkawang sebagai tempat menyimpan dana mereka; 2) Respon Afektif dalam penelitian ini semua informan menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank Kalbar Syariah, pegawainya ramah, kerja mereka cepat jika diperlukan langsung datang dan mereka memberikan kenyamanan kepada nasabah. Kemudian mempermudah sebagian nasabah yang berprofesi sebagai pedagang karena tidak perlu meninggalkan lapak mereka untuk pergi ke bank; 3) Respon Psikomotorik dalam penelitian ini berupa tindakan Bank Kepada nasabah. Faktor paling dominan yang membuat masyarakat non muslim menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah adalah faktor promosi yang dilakukan oleh karyawan Bank Kalbar Syariah. Adapun tindakan khusus yang dilakukan Bank Kalbar Syariah adalah adanya sistem jemput bola yaitu sistem dimana nasabah tidak perlu datang ke bank untuk menyetorkan uang mereka, tetapi ada pegawai bank yang akan datang langsung ke nasabah untuk mengambil setoran mereka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Respon Kognitif en_US
dc.subject Respon Afektif en_US
dc.subject Respon Psikomotorik en_US
dc.title RESPON MASYARAKAT NON MUSLIM KOTA SINGKAWANG TERHADAP BANK KALBAR SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account