Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi keingintahuan peneliti mengenai Teknologi
Informasi Bank Syariah Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui bahwa covid-
19 mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020. Dan karena hal tersebut
banyak perusahaan yang harus mengalihfungsikan pelayanan secara online, tidak
terkecuali Bank Syariah Indonesia untuk menghindari keramaian dan memutuskan
penyebaran covid-19. Hal ini berdampak langsung baik kepada pihak bank
maupun nasabah dari Bank Syariah Indonesia, termasuk pelaku UMKM yang
sering melakukan transaksi melalui bank, baik itu setor tunai, tarik tunai, transfer
dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Teknologi apa saja yang
pelaku UMKM gunakan untuk melakukan transaksi pada Bank Syariah Indonesia
cabang Pontianak pada masa pandemi Covid-19 2). Apa saja dampak yang
dirasakan oleh pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi informasi pada
Bank Syariah Indonesia cabang Pontianak pada masa pandemi Covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah para
pelaku UMKM yang merupakan nasabah dari Bank Syariah Indonesia.