Abstract:
Teknologi digital dan kualitas pelayanan merupakan salah satu syarat bagi
keberlangsungan suatu bank. Terdapat berbagai tantangan untuk mencapai
kepuasan nasabah. Cara untuk mendapatkannya, pihak yang bekerja di Bank
Syariah Indonesia dituntut untuk dapat bekerja sebaik mungkin dengan
menerapkan berbagai macam sumber yang dimiliki seperti customer service,
fasilitas dan teknologi digital dan lain sebagainya. Semua itu harus terlibat dalam
memberikan kepuasan kepada nasabah. oleh karena itu teknologi digital dan
kualitas pelayanan merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan.
Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu:
mengenai (1) Apakah teknologi digital berpengaruh terhadap kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak, (2) Apakah kualitas pelayanan
bank berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia
Cabang Pontianak, dan (3) Apakah teknologi digital dan kualitas pelayanan bank
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang
Pontianak.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner atau angket yang disebar kepada nasabah Bank Syariah Indonesia
Cabang Pontianak.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Teknologi Digital
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang
Pontianak. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak. Variabel Teknologi Digital (X1)
dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh yang positif atau signifikan terhadap
variabel Kepuasan Nasabah (Y) berpengaruh dengan nilai 71%.