Abstract:
Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini menyebabkan
munculnya aplikasi-aplikasi bisnis yang berbasis internet. Selain bisa
digunakan kapan saja dan di mana saja, juga dapat langsung bisa digunakan
untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke bank tersebut.
Salah satu aplikasi bisnisyang memberikan pelayanan perbankan yaitu Digital
Banking
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan yang diberikan
digital banking terhadap transaksi keuangan mahasiswa perbankan syariah
angkatan 2016 IAIN serta kepuasan mahasiswa terhadap perkembangan
layanan digital banking dan untuk mengetahui dampak dari perkembangan
digital banking terhadap transaksi keuangan mahasiswa.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa
perbankan syariah angkatan 2016 mengenai kemudahan yang diberikan digital
banking
Hasil penelitian menunjukan bahwa digital banking memberikan user
friendly untuk mempermudah transaksi mahasiswa perbankan syariah angkatan
2016, kepuasan mahasiswa dalam mamanfaatkan fasilitas digital banking
dipengaruhi oleh adanya kesesuaian harapan mahasiswa dengan layanan digital
banking yang digunakan. serta diketahui bahwa layanan digital banking
berdampak cukup baik akan tetapi, masih terdapat beberapa hambatan seperti
sering gagalnya akses yang dilakukan mahasiswa perbankan syariah angkatan
2016 IAIN Pontianak.