Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial Bank
Syariah Indonesia sebagai media promosi dengan menggunakan metode EPIC
dengan pengukuran empat dimensi yaitu Emphaty, Persuation, Impact, dan
Communication serta untuk mengetahui dimensi yang paling berpengaruh.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Non Probability
sampling dengan teknik Accidental Sampling dan sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner
yang disebarkan kepada Nasabah Bank Syariah Indonesia melalui media sosial
mengingat masih dalam keadaan Pandemi COVID-19 sehingga belum
memungkinkan peneliti untuk melakukan penelitian secara langsung. Data yang
diperoleh kemudian diolah dengan bantuan SPSS versi 20 serta perhitungan
manual. Analisis yang meliputi dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji
relibilitas, serta uji EPIC Model.
Hasil penelitia ini menghasilkan skor rata-rata pada dimensi Emphaty
sebesar 4,24 dimensi Persuation sebesar 4,192 dimensi Impact sebesar 4,09 dan
dimensi Communication sebesar 3,99 sehingga secara kumulatif, skor rata-rata
sebesar 4,128. Hal ini menunjukan bahwa media sosial Bank Syariah Mandiri
sebagai media promosi sudah efektif bila diukur menggunakan pengukuran EPIC.
Adapun dimensi yang paling berpengaruh adalah dimensi Emphaty.