Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pemahaman agama,
produk,
promosi
dan
pelayanan
terhadap
keputusan
karyawan
STIK
Muhammadiyah Pontianak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis
deskriptif, Uji instrument, Uji Asumsi Klasik, Analisis regresi linear berganda, Uji
Signifikasi (uji hipotesis) yang meliputi uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan
Uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil
penelitian
yang
menunjukkan bahwa
variabel
pemahaman agama, variabel promosi, variabel produk tidak berpengaruh terhadap
keputusan nasabah terhadap keputusan karyawan STIK Muhammadiyah
Pontianak dengan nilai signifikan sebesar 19,3%, 97,4% dan 6,2%. Sedangkan
variabel pelayanan terbukti terdapat pengaruh terhadap keputusan karyawan STIK
Muhammadiyah Pontianak dengan nilai signifikan sebesar 0%.