Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi dengan Analisis
SWOT Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah dalam Menunjang
Transaksi. Mobile banking merupakan salah satu layanan perbankan yang
menerapkan teknologi informasi. Layanan ini menjadi peluang bagi bank
untuk menawarkan nilai tambah kepada pelanggan. Keefektifan dan
keefisienan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi Mobile Banking
tidak akan berjalan, jika tidak didukung oleh telepon seluler dan internet.
Transaksi yang dapat dilakukan melalui Mobile Banking adalah
transferuang, pengecekan saldo, pembayaran, tagihan-tagihan atau biaya
pendidikan, informasi rekening, transaksi-transaksi lainya. Diharapkan
dengan adanya layanan mobile banking ini akan semakin banyak masyarakat
yang ingin menggunakan atau mengakses transaksi itu.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan
wawancara, naskah, catatan lapangan, website resmi, catatan, dan lainnya,
dan dalam penelitian sekunder yaitu dengan buku-buku, dokumen-dokumen
dan kepustakaan yang berkaitan dan ada relevansinya yang mendukung
penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun
pembahasan hasil penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis.
Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku
yang dapat diamati yang diarahkan pada latar dan individu secara holistik
(utuh).
Hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh strategi yang
signifikan antara strategi layanan Mobile Banking dengan sistem penunjang
transaksi perbankan syariah di Indonesia.