Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan agama,
pengetahuan produk, dan faktor emosional terhadap keputusan masyarakat
Kecamatan Pontianak Timur dalam menggunakan jasa perbankan syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
masyarakat muslim yang berada di Kecamatan Pontianak Timur. Berdasarkan
teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling didapatkan sampel
sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
(kuesioner) dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), uji
simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (r 2 ).
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel pengetahuan agama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 60,8%.
Variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan masyarakat sebesar 46,9%. Variabel faktor emosional berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan masyakat sebesar 38,8%. Variabel
pengetahuan agama, pengetahuan produk, dan faktor emosional secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan masyarakat sebesar 60,3%. Sedangkan sisanya
sebesar 39,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak termasuk dalam
penelitian.