Abstract:
Kualitas produk adalah keseluruhan ciri dari suatu produk atau
pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang
dinyatakan/tersirat. Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang
diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk
memenuhi tingkat keinginan pelanggan. Minat adalah sikap jiwa orang
seorang termasuk ketiga fungsi jiwanya (kognisi, konasi, emosi) yang tertuju
pada sesuatu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah
kualitas produk tabungan dan kualitas pelayanan secara parsial maupun
simultan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah
Indonesia (BSI) KC Pontianak Gusti Sulung.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner atau angket yang disebar kepada nasabah Bank Syariah Indonesia
KC Pontianak Gusti Sulung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk
berpengaruh terhadap minat nasabah menabung pada Bank Syariah Indonesia
(BSI) KC Pontianak Gusti Sulung. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap minat nasabah menabung pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC
Pontianak Gusti Sulung. Variabel Kualitas Produk (X1) dan Kualitas
Pelayanan (X2) berpengaruh yang positif atau signifikan terhadap Minat
Nasabah Menabung (Y) Berpengaruh dengan nilai 75,7%.