Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Strata Konsumen Antara
Kafe Internet dan Kafe Non Internet. 2) Perbandingan Omset Antara Kafe Internet
dan Kafe Non Internet. 3) Kendala Pemasaran Kafe Internet Antara Kafe Internet
dan Kafe Non Internet.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan Bisnis Kafe di Pontianak (Studi
Komparasi Antara Kafe Internet dan Non Internet di Jalan Husin Hamzah
Pontianak Barat). Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer yaitu hasil observasi dan
wawancara dengan pemilik Kafe Internet dan Non Internet yang berada di Jalan
Husin Hamzah Pontianak Barat. Sebagai sumber data sekunder yaitu dari buku-
buku yang berkaitan dengan teori, Disporapar Kota Pontianak, dan dari
pengamatan langsung yang peneliti lakukan. Teknik analisa data yng digunakan
adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, 1) Strata konsumen yang
terdapat pada Kafe Internet dan Non Internet berasal dari berbagai strata seperti
Mahasiswa, Siswa Menengah Atas, anggota Organisasi, pekerja hingga
masyarakat umum yang terdapat pada sekitar Kafe. 2) Perbandingan omset yang
diperoleh setiap kafe berbeda-beda mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 700.000
perhari, kecuali pada hari sabtu dan minggu ada peningkatan yang cukup
signifikan dikarenakan hari libur maka pengunjung yang datang lebih ramai dari
biasanya. 3) kendala pemasaran yang dihadapi pemilik Kafe Internet maupun
Non Internet hampir sama yaitu persaingan antar Kafe, dimana kafe saingan
mereka terlihat memiliki konsep lebih unik dibanding Kafe milik mereka, serta
menu makanan yang cukup bervariatif sehingga pengunjung lebih mudah untuk
menentukan apa yang pengunjung inginkan.