Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan
ekonomi kreatif dalam meningkatkan produksi lempok durian di Desa Hilir;
2) Bagaimana daya saing produk lempok durian di Desa Hilir. Penelitian ini
dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu
produsen lempok durian serta beberapa karyawan lempok dan data sekunder yaitu
konsumen yang pernah membeli produk lempok durian. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dengan menggunakan
alat dan pedoman wawancara, serta dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya; 1. Penerapan ekonomi
kreatif dalam meningkatkan produksi lempok durian di Desa Hilir, Kecamatan
Balai meliputi dari Produksi berdasarkan pemilihan bahan baku yang diperoleh
dari para pekebun sehingga menghasilkan lempok durian yang baik, Pasar dan
Pemasaran yang digunakan dalam sistem penjualan di era Modern dengan
menggunakan cara membuat akun social media dan jasa Reseller ini untuk
membantu produsen mengenalkan Produk kepada masyarakat, Manajmen dan
Keuangan yang digunakan untuk menghitung jumlah penghasilan produsen dan
Karyawan , Kebijakan Pemerintah terhadap para produsen yang dilakukan serta
bantuan yang diberikan oleh Pemerintah setempat dalam membantu mengevaluasi
cara Pemasaran produk, Kondisi Ekonomi di sekitar yang berdampak pada
masayarakat dalam kegiatan yang membantu para produsen dalam proses
produksi sehingga masyarakat sekitar mendapatkan kenaikan pendapatan dalam
waktu tertentu, Lingkungan yang selalu dijaga sehingga limbah dari buah durian
atau bahan baku lainnya di buang di tempat yang seharusnya ,dan Kemitraan
Usaha antar dilakukan oleh para Produsen dan para pekebun sehingga menjalin
kerjasama yang baik; 2) Untuk daya saing produk lempok durian di Desa Hilir ini
meliputi yaitu berdasarkan Nilai atau Harga bersaing dari masing-masing produk
dari produsen yang berbeda sehingga konsumen dapat memilih produk
berdasarkan harga yang diberikan oleh masing-masing konsumen , serta meliputi
berdasarkan kepuasan konsumen yang dilakukan oleh masing-masing produsen
dalam menjaga kualitas produk sehingga kepuasan konsumen menjadi hal yang
utama dalam penilaian setiap kegiatan.