Abstract:
Toko Baju D’Collection adalah toko yang menjual berbagai macam
pakaian seperti baju dres, baju gamis, jaket, celana pendek, celana panjang, baju
batik, celana batik dan baju kemeja. Toko Baju D’Collection ini mampu
dikembangkan dengan baik sehingga dapat bertahan hingga saat ini dan
mengalami kemajuan yang cukup pesat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Realitas di toko baju
D’Collection. 2)LatarBelakang usaha toko baju D’Collection. 3)Perencanaan toko
baju D’Collection dalam menjalani bisnisnya. 4)Kendala apa saja yang dihadapi
toko baju D’Collection.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, artinya data yang ada dilapangan akan dideskriptifkan apa adanya
sesuai dengan data dan fakta-fakta yang tampak dilapangan maupun narasumber.
Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini adalah teknik, observasi langsung, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik
pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Kesimpulan: 1).Pemilik toko baju sudah dari awal membangun usahanya
dengan kondisi yang nyaman agar konsumen merasa nyaman saat berada di toko
baju, selain itu juga pemilik toko juga sudah dari awal menerapkan kinerja antara
pemilik toko dan karyawan adalah bekerja seperti team, agar karyawan yang
bekerja dengannya juga merasa nyaman. 2).Yang melatari usaha ini adalah dari
lingkungan, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Di lingkungan
internal terdapat lingkungan keluarga semasa kecil Dan di lingkungan eksternal
nya lokasi toko tempat yang ia bangun sangat strategis untuk usaha
itu.3).Perencanaan yang dilakukan pemilik toko sesudah membangun usaha ini
ialah melakukan penyebaran promosi melalui media sosial yaitu seperti Instagram
dan Facebook, selain itu pemilik toko selalu melakukan update tentang pakaian
yang lagi tren untuk memenuhi minat konsumen.4). Kendala yang dihadapi oleh
pemilik toko baju tersebut, yaitu pemilik toko kesulitan dalam bermodal, si
pemilik juga kesulitan mencari pemasok, pemilik toko juga kesulitan dalam
menjualkan produk.