Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola konsumsi generasi Z
dalam menggunakan e-commerce platfrom sebelum pandemi covid-19; 2) pola
konsumsi generasi Z dalam menggunakan e-commerce platfrom sesudah
pandemi covid-19; 3) dampak pandemi covid-19 terhadap pola konsumsi
generasi Z dalam menggunakan e-commerce platfrom.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data
berasal dari data primer dan sekunder. Data primer merupakan hasil wawancara
dengan generasi Z dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan
artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini di antaranya: 1) pola konsumsi
yang dilakukan oleh generasi Z sebelum masa pandemi covid-19 terbilang
tinggi hal ini ditunjukkan dari jumlah transaksi yang dilakukan tiap bulannya di
e-commerce platfrom; 2) pola konsumsi yang dilakukan generasi Z sesudah
masa pandemi covid-19 dominan mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan
dengan dominannya narasumber yang meningkat jumlah transaksi berbelanja di
e-commerce platform; 3) pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya
jumlah pengguna e-comemrce platform dan meningkatnya tingkat konsumsi
pada generasi Z yang cenderung konsumtif.