Abstract:
PD. Jepara Mekar menjual produk-produk yang terbuat dari kayu jati
yang didatangkan langsung dari Kota Jepara. Sasaran yang dituju sudah
sangat tepat dimana konsumen mulai dari dalam Negeri maupun Luar
Negeri. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi bauran
pemasaran yang telah diterapkan PD. Jepara Mekar. Strategi bauran
pemasaran yang difokuskan PD. Jepara Mekar meliputi strategi produk,
harga, promosi, dan disribusi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti
menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan PD. Jepara Mekar sudah
berjalan sangat baik, dimana strategi produk, harga, distribusi, dan promosi
sudah memberikan perannya :
1. Produk yang dijual PD. Jepara Mekar sangat beraneka ragam
dengan model dan motif yang berbeda dengan yang lain.
2. Harga jual yang diberikan PD. Jepara Mekar sesuai dengan kualitas
dan mutu produk tersebut.
3. Distribusi PD. Jepara Mekar sudah sangat tepat dimana lokasi
perusahaan tersebut di tengah Kota memudahkan konsumen untuk
membeli produk tersebut.
4. PD. Jepara Mekar tidak pernah melakukan promosi seperti media
cetak ataupun pameran, akan tetapi produk PD. Jepara Mekar
diminati masyarakat dalam Negeri maupun Luar Negeri.