Abstract:
Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer
dan digemari dengan pengguna aktif mencapai 500 juta dengan 22 juta
diantaranya berasal dari Indonesia. Beberapa fenomena baru seperti selebgram
muncul dari kalangan pengguna instagram, dimana mereka melakukan bisnis
endorsement dan paid promote dengan memanfaatkan jumlah followers
mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena
selebgram yang terjadi di Kota Pontianak dan apakah profesi selebgram sebagai
salah satu sektor informal memiliki peluang dalam pasar kerja.
Penelitian dilakukan pada beberapa selebgram di Kota Pontianak. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi
netnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena selebgram di Kota
Pontianak terjadi karena tren di instagram, para selebgram memanfaatkan
followers untuk membuka bisnis jasa berupa endorsement dan paid promote.
Mereka melakukan berbagai macam cara serta menggiring opini followers untuk
mendapatkan feedback. Profesi selebgram sebagai salah satu pekerjaan di sektor
informal memiliki prospek yang baik dan memiliki kompetensi serta peluang
untuk menjadikan selebgram sebagai sebuah pekerjaan.