Abstract:
Kegiatan ekonomi tidak terlepas dari produksi, distribusi dan konsumsi.
Setiap penjualan yang baik selalu menerapkan strategi pemasaran yang
tersistematis hal tersebut tidak terlepas dari kegiatan distribusi yang di gunakan
dalam menyalurkan produk yang akan di jual, maka salah satu faktor penting yang
tidak boleh diabaikan adalah memilih secara tepat saluran distribusi (channel of
distribution) yang akan digunakan dalam rangka usaha penyaluran barang-barang
atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
:(1) Mengetahui bagaimana proses penerapan saluran distribusi barang perusahaan
PT Pondan Pangan Makmur Indonesia di Kalimantan Barat (2) Mengetahui peran
saluran distribusi dalam peningkatan hasil penjualan pada perusahaan PT Pondan
Pangan Makmur Indonesia di Kalimantan Barat (3) Mengetahui hambatan dan
tantangan dalam mendistribusikan barang perusahaan PT Pondan Pangan Makmur
Indonesia di Kalimantan Barat (4) Mengetahui bagaimana penerapan distribusi
barang perusahaan PT Pondan di Kalimantan Barat menurut islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan
wawancara langsung, selain itu peneliti melakukan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam mendistribusikan produknya
PT Pondan Pangan Makmur Indonesia menggunakan saluran distribusi tidak
langsung dengan menyalurkan barangnya ke agen, toko ritel dan pasar modern.
(2) Saluran distribusi mampu meningkatkan penjualan produk PT Pondan Pangan
Makmur Indonesia dengan memudahkan dalam proses penjualan ke seluruh
wilayah (3) hambatan dalam mendistribusikan produk PT Pondan Pangan
Makmur Indonesia terletak pada akses jalan yang di lewati dan armada yang di
gunakan. (4) saluran distribusi yang di terapkan oleh PT Pondan pangan Makmur
Indonesia telah memenuhi standar MUI dan telah diberikan izin oleh BPOM
Indonesia.