Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah banyak nya usaha atau UMKM yang
bergerak di bidang makanan khususnya bakery, salah satunya ialah Maha Bakery yang
sudah mempunyai label halal MUI pada produknya. Maha Bakery memasarkan
produknya melalui media sosial, tidak hanya itu Maha Bakery juga mempunyai reseller
di daerah lain.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pendapatan pengusaha di
toko Maha Bakery sebelum dan sesudah adanya label halal. 2) Untuk mengetahui
dampak perubahan harga produk di toko Maha Bakery sebelum dan sesudah adanya
label halal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk Teknik analisis data
peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi kepada konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah: 1) Pendapatan Maha Bakery sebelum
adanya label halal ialah stabil dimana dalam penetapan harga produk, penjualan,
pendapatan pengelolaan yang lainnya berjalan dengan baik. Kemudian setelah Maha
Bakery mencatatkan merek produknya di MUI dan mendapatkan sertifikat halal
pendapatannya mengalami peningkatan. Peningkatan pendapatan itu terjadi karena
ketika Maha Bakery mengeluarkan produk baru dan dapat menarik minat konsumen
untuk membeli produknya, maka penjualan produknya akan mengalami peningkatan
sehingga pendapatannya juga ikut meningkat. Dengan adanya label halal MUI pada
produk Maha Bakery dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada produknya,
sehingga berdampak pada tingkat penjualan dan pendapatannya. 2) Harga produk yang
ditawarkan Maha Bakery kepada konsumen cukup terjangkau dan tergolong murah
sehingga menarik minat konsumen untuk membeli produk Maha Bakery. Setelah
adanya label halal beberapa produk roti di Maha Bakery juga mengalami perubahan
harga, kenaikan harga tersebut dikarenakan ada beberapa bahan baku yang digunakan
mengalami kenaikan harga dan kenaikan tersebut sudah sesuai dengan hpp nya. Tetapi,
tidak ada perubahan harga yang signifikan. Dan kenaikan harga pada produk Maha
Bakery tidak mempengaruhi kualitas pada produknya.