Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Sumber pembiayaan di
SMK Citra Borneo, 2) Permasalahan pembiayaan di SMK Citra Borneo, 3) Solusi
pembiayaan di SMK Citra Borneo, 4) Strategi Pemasaran di SMK Citra Borneo, 5)
Strategi meningkatkan pemasaran di SMK Citra Borneo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
bendahara sekolah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
teknik observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti
menggunakan trianggulasi ke kepala sekolah dan yayasan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa, 1) sumber pembiayaan di SMK Citra Borneo itu berasal dari pemerintah,
orang tua siswa, dan Yayasan. 2) permasalahan pembiayaan di SMK Citra Borneo
memiliki dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal mengenai
terbatasnya anggaran yang tersedia, sedangkan faktor eksternalnya adalah
pekerjaan orang tua siswa yang tidak menentu. 3) solusi yang diambil pihak
sekolah, mengusulkan siswa-siswi melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dan
memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi yang kurang mampu. 4) strategi
pemasaran yang dilakukan adalah menjadikan sekolah yang berbasis teknologi
informasi sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki, dan terus membuat inovasi-
inovasi baru. 5) Strategi meningkatkan pemasaran sekolah dengan cara promosi ke
sekolah-sekolah, brosur, serta meningkatkan mutu penyelenggara pendidikan dan
mutu peserta didik.