Abstract:
Shopee yaitu e-commerce (jual beli online) berbasis aplikasi mobile
yang dibuat di Indonesia, shopee menawarkan perdagangan berbasis web yang
menyenangkan, gratis dan bisa diandalkan dari ponsel Anda. Dengan memanfaatkan
aplikasi shopee, Anda bisa mendaftar untuk menjual barang dan membeli berbagai
proposal menarik dengan biaya paling minimal dengan pengiriman gratis ke seluruh
Indonesia. Shopee adalah kantor perdagangan berbasis web yang menawarkan berbagai
item untuk membantu latihan kita sehari-hari, termasuk desain, gadget, perangkat
kecantikan, perangkat keras, kegiatan rekreasi dan bermacam-macam, fotografi,
perlengkapan atletik, kendaraan, nutrisi dan perangkat tambahan, perangkat rumah
tangga, makanan dan minuman. minuman, hadiah dan gathering, hingga voucher.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ulasan dan penilaian pelanggan,
kuliatas layanan, dan harga pada minat beli konsumen pada pasar online shopee.
Penelitian ini yaitu penelitian survei. Populasi yang dipakai pada kajian ini yakni
mahasiswa dikota Pontianak. Sampel yang dipakai 100 responden yang dilakukan
dengan teknik non probability. Adapun metode yang dipakai yakni metode
asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrument mengguanakan
Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji reabilitas memakai alpha Cronbach.
Analisis yang dipakai yakni analisia jalur Regresi Berganda, uji hipotesis
menggunakan koeefisien ketetepan model atau determinasi ( ) pengujian secara
parsial (uji t) dan simultan (f). Data yang dilakukan penelitian ini yakni data
primer yang diambil menggunakaan kuesioner. Penguji data dilakukan yang
bantuan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menemukaan jika : 1) variable ulasan dan penelaian
pelanggan tak ada berpengaruh secara signifikan secara parsial pada minat beli
pada pasar online shopee, (2) variable kualitas layanan tak ada berpengaruh secara
signifikan pada minat beli pada pasar online shopee, (3) variable harga
berpengaruh secara signifikan pada minat beli pada pasar online shopee.