Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa siswi di kelas X IPA 2 di
SMAN 10 Pontianak yang tidak percaya diri dalam pemilihan jurusan. Tujuan
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pemilihan jurusan 2) Untuk
mengetahui cara siswa dapat memilih jurusan dengan tepat untuk meningkatkan
kepercayaan diri dalam pemilihan jurusan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode analisis regresi linier. Adapun tempat penelitian ini
adalah di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Pontianak. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan
dokumentasi. Selanjutnya data analisis menggunakan rumus persentase dan uji-
t jenis Independent sample t-test.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yaitu (1) Faktor yang
mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa siswi di kelas X IPA 2 di
SMAN 10 yaitu pekerjaan berada pada kategori sedang dapat dilihat hasil
persentase yaitu 65,40%. Disini dapat dilihat siswa siswi di kelas X IPA 2 di
sekolah SMAN 10 Pontianak lebih mengutamakan faktor pekerjaan dari pada
faktor lainnya. Bekerja dapat mengembangkan kreatifitas dan kemandirian serta
rasa percaya diri dapat muncul dengan melakukan pekerjaan, selain materi yang
diperoleh. Kepuasan dan rasa bangga di dapat karena mampu mengembangkan
kemampuan diri; (2) Cara memilih jurusan dengan tepat untuk meningkatkan
kepercayaan diri di kelas X IPA 2 di SMAN 10 yaitu memiliki rencana kuliah
berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat dilihat hasil persentase
yaitu 74,17%. Disini dapat dilihat siswa siswi memilih mengetahui rencana
kuliah yang lebih identifikasi dari pada indikator yang lainnya, karena siswa
siswi sebelum memasuki perkuliahan sudah ada perencanaan jurusan yang akan
dipilih sehingga tidak ada penyesalan saat sudah masuk kuliah;