Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Kubu Raya, (2) Mengetahui Seberapa
Efektif Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul
Huda Kubu Raya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan
menggunakan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data menggunakan
angket (kuesioner) yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar
siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sebelum diberikan pelaksanaan
bimbingan kelompok, tingkat kemandirian belajar siswa Madrasah Tsanawiyah
Miftahul Huda Kubu Raya, kategori rendah siswa sebanyak 20 responden (100%).
Sedangkan setelah diberikan pelaksanaan bimbingan kelompok tingkat
kemandirian belajar siswa yang berada dalam kategori sedang 2 responden (20%),
katagori tinggi sebanyak 15 responden (50%) dan pada kategori sangat tinggi
sebanyak 3 responden (30%). (2) Setelah diketahui hasil pretest dan posttest,
peneliti melakukan uji test melalui alat bantu SPSS maka didapatkan bahwa
<
yang mana
37.385 sedangkan
1.72472. Berdasarkan
penghitungan tersebut maka, Ha diterima yaitu pelaksanaan bimbingan kelompok
cukup efektif untuk meningkatkan kemandiria belajar siswa.