Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Nilai-nilai pendidikan
Islam apa saja yang diterapkan pada anak melalui metode bimbingan keluarga di
Desa Parit Baru RT. 006 / RW. 014. (2) Bagaimana penerapan motode bimbingan
keluarga dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak di dalam
lingkungan keluarga (3) Kendala atau hambatan apa yang dihadapi keluarga pada
saat menerapkan metode bimbingan keluarga di Desa Parit Baru RT.006 / RW.014.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan bentuk penelitian pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di Desa
Parit Baru RT. 006 / RW. 0014 Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Sedangkan alat yang digunakan adalah pendoman obsevasi, pendoman wawancara,
dan handpone. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Teknik persistent Observation, triangulasi, dan member check.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti, maka dapat
disimpulkan bahwa 1) Orang tua di Desa Parit Baru RT. 006 / RW. 014 mengajari
anak mengenai nilai-nilai Islam yang meliputi nilai keimanan atau aqidah, nilai
ibadah, nilai ahlak. 2) Orang tua di Desa Parit Baru RT. 006/ RW. 014 dalam
membimbing anak pada saat mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam
menggunakan dan menerapkan metode bimbingan keluarga yang diantaranya:
metode tauladan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode hadiah dan metode
hukuman (3) Kendala atau hambatan yang dialami oleh para orang tua ada dua
faktor diantaranya: eksternal yaitu dari anak-anaknya dan internal yaitu dalam diri
para orang tua itu sendiri.