Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman akhlak yang baik pada diri
peserta didik itu sangatlah penting, karena tidak jarang didengar tentang kasus-
kasus yang terjadi di kalangan masyarakat yang bisa disaksikan baik lewat media
cetak, media elektronik dan media-media sosial lainnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkap: 1) Apa saja materi bimbingan keagamaan dalam
meningkatkan akhlak siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Parit Kongsi Desa
Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B, 2). Apa saja kendala atau hambatan
bimbingan keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa kelas VII MTs Bustanul
Ulum Parit Kongsi Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B, 3). Apa saja
tahap pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa kelas
VII MTs Bustanul Ulum Parit Kongsi Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala
Mandor B.
Untuk memperoleh gambaran data yang dibutuhkan, maka penelitian ini
dilakukan secara kualitatif dengan metode diskriptif. Alat pengumpul data adalah
observasi wawancara mendalam, dokumentasi,teknik pengumpulan data, teknik
analisis data, dan pemeriksaan keabsaan data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh di
lapangan sebagai berikut: 1). Materi Keagamaan di sekolah MTs Bustanul Ulum
ada empat yaitu materi ibadah, materi Akhlak, materi Aqidah materi shirah dan
yang terakhir ialah materi Al-Qur’an. Dari lima materi tersebut cara penerapanya
berbeda ada yang fokus kepada praktek dan ada juga yang fokus kepada sejarah
Nabi Muhammad SAW, 2 ) Kendala atau hambatan yang sering terjadi di
sekolah MTs Bustanul Ulum ialah kendala dari luar sekolah dan di dalam
sekolah, salah satu kendala dari dalam sekolah ialah kurangnya minat siswa
untuk sekolah, siswa yang kurang aktif adapun siswa yang merasa
terasinggin karena kurangnya berintraksi terhadap temannya, sedangkan
faktor dari luar sekolah ialah, siswa kurang pengawasan dari orang tua
ataupun faktor internet, 3) Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam
meningkatkan akhlak siswa/i yaitu dimulai dengan membuat perencanaan materi
yang akan disampaikan, kemudian pelaksanaan bahan yang sudah direncanakan
dan evaluasi, yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa
dalam menerima materi yang sudah disampaikan dan pengaplikasiannya di
kehidupan sehari-hari mereka, tindak lanjut merupakan salah satu program
penguat bila dipandang belum ada perubahan setelah bimbingan tersebut
berlangsung maka dibutuhkan tindak lanjut.