Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi orang tua dengan anak
berkebutuhan khusus tunagrahita yang memiliki beberapa problematika dalam
menghadapi dan mendidik anak-anak mereka yang menyandang berkebutuhan
khusus tunagrahita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Apa
saja yang menjadi permasalahan yang dihadapi orang tua yang memiliki anak
berkebutuhan khusus tunagrahita; (2) Bagaimana upaya orang tua yang memiliki
anak berkebutuhan khusus tunagrahita untuk mengatasi permasalahan tersebut;
dan (3) Apa saja kendala yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak
berkebutuhan khusus tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan
deskriptif. Responden diambil berdasarkan purposive sampling yaitu pemilihan
subjek dan informan dalam penelitian didasarkan atas ciri-ciri yang memenuhi
tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan. Metode pengumpulan data adalah metode
wawancara mendalam (in depth interview), dengan tiga subyek penelitian dan tiga
informan.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa; (1) Problematika yang
dihadapi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yaitu kesulitan
dalam komununikasi, interaksi sosial dan kemandirian anak; (2) Upaya yang
dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunagrahita
ialah memberikan pendidikan yang terbaik dan memberi dorongan motivasi; (3)
Yang menjadi kendala bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus
tunagrahita yaitu lingkungan tempat tinggal yang tidak memahami anak
berkebutuhan khusus tunagrahita dan kurangnya dukungan dari keluarga.