Abstract:
Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program
bimbingan dan konseling kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 9 Pontianak? 2) Bagaimana disiplin belajar siswa kelas VIII di
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak? 3) Apakah terdapat
pengaruh pelaksanaan program bimbingan dan konseling terhadap disiplin
belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9
Pontianak?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan
program Bimbingan dan Konseling kelas VIII di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. 2) Untuk mengetahui disiplin belajar
siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak.
3) Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program Bimbingan dan
Konseling terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk studi kausal komparatif
(ex-post facto). Adapun tempat penelitian ini adalah Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Selanjutnya data
dianalisis secara deskriptif kemudian dipersentasekan untuk menjawab sub
masalah satu dan dua dan menggunakan regresi linear sederhana untuk
menjawab sub masalah ketiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 244
siswa dan sampel berjumlah 144 siswa kelas VIII di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak.
Kesimpulan penelitian ini yaitu, 1) Pelaksanaan program Bimbingan
dan Konseling kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9
Pontianak diperoleh hasil sebesar 78,5% berada pada kategori tinggi, 2)
Disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 9 Pontianak diperoleh hasil sebesar 51,4% berada pada kategori
sedang, 3) Terdapat pengaruh pelaksanaan program Bimbingan dan
Konseling terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak sebesar 18,8% dan 81,2% dipengaruhi
oleh faktor lain.