PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 9 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Barriyati
dc.contributor.author KHATIMAH FITRI, HUSNUL
dc.date.accessioned 2022-09-26T16:00:45Z
dc.date.available 2022-09-26T16:00:45Z
dc.date.issued 2019-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1094
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak? 2) Bagaimana disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak? 3) Apakah terdapat pengaruh pelaksanaan program bimbingan dan konseling terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. 2) Untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. 3) Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk studi kausal komparatif (ex-post facto). Adapun tempat penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kemudian dipersentasekan untuk menjawab sub masalah satu dan dua dan menggunakan regresi linear sederhana untuk menjawab sub masalah ketiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 244 siswa dan sampel berjumlah 144 siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. Kesimpulan penelitian ini yaitu, 1) Pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak diperoleh hasil sebesar 78,5% berada pada kategori tinggi, 2) Disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak diperoleh hasil sebesar 51,4% berada pada kategori sedang, 3) Terdapat pengaruh pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak sebesar 18,8% dan 81,2% dipengaruhi oleh faktor lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan Program Bimbingan en_US
dc.subject Konseling en_US
dc.subject Disiplin Belajar en_US
dc.title PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 9 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account