Abstract:
Penelitian ini membahas tentang teknik retorika KH Zainuddin MZ.
Penelitian ini dianggap penting karena, kepandaian retorika seorang da’isangat
dituntut sebab dengan penguasaan retorika yang baik dan benar, sang da’i dapat
memotivasi mad’u. Namun terkadang retorika dalam ceramahkurang diperhatikan
kaidah retorika pada hakikatnya. Seperti dalam teori Aristoteles, yakni ada tiga
bagian inti, yaitu: Ethos yaitu karakter pembicara yang dapat dilihat dari cara
berkomunikasinya, yaitu dengan menunjukan ketegasan dalam penyampaian
pesan dakwah, kepribadian yang baik, serta pengetahuan yang luas. Pathos yaitu
perasaan emosional khalayak yang dapat dipahami, serta penggunaan bahasa yang
tepat dengan keahlian dogeng yang beliau miliki, mampu memainkan perasaan
jamaah dengan baik. Logosyaitu dengan penyampaian pesan dakwah yang
dilandasi dengan Al-Qur‟an dan Hadits menjadikan pesan tersebut mudah
diterima dengan mudah oleh jamaah. Dengan kekayaan referensi yang da’i miliki
mampu menjadi bekal yang layak dibagikan kemasyarakat sebagai pembelajaran,
dalam artian memiliki bukti dan contoh yang konkret pada khalayak. Adapun
penelitian ini merupakan jenis kualitatif, sumber data yang peneliti ambil dari
masyarakat dengan menontonkan video durasi 58.47 menit untuk mengetahui
tanggapan masyarakat terhadap retorika ceramah dari KH Zainuddin MZ.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa KH Zainuddin MZ
mampu menguasai retorika dengan baik dan benar sehingga membuat jamaah
terkesan kagum dalam setiap pesan yang beliau sampaikan. Keunikkan karakter
KH Zainuddin MZ yang dianggap rapi dalam mengatasi situasi masyarakat dalam
penyampaian ceramah yang ditinjau dari ethos, pathos, dan logos. Baik itu dari
penguasaan retorika, materi, pengetahuan, latar belakang pendidikan, pemilihan
kata dan bahasa serta karakter yang unik dalam penyampaian ceramah.