CERAMAH KH ZAINUDDIN MZ

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hayatunnur Taqwa, Ria
dc.contributor.advisor Irfani, Amalia
dc.contributor.author QONITAH, KHANSA
dc.date.accessioned 2022-09-20T01:31:50Z
dc.date.available 2022-09-20T01:31:50Z
dc.date.issued 2022-01-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1043
dc.description.abstract Penelitian ini membahas tentang teknik retorika KH Zainuddin MZ. Penelitian ini dianggap penting karena, kepandaian retorika seorang da’isangat dituntut sebab dengan penguasaan retorika yang baik dan benar, sang da’i dapat memotivasi mad’u. Namun terkadang retorika dalam ceramahkurang diperhatikan kaidah retorika pada hakikatnya. Seperti dalam teori Aristoteles, yakni ada tiga bagian inti, yaitu: Ethos yaitu karakter pembicara yang dapat dilihat dari cara berkomunikasinya, yaitu dengan menunjukan ketegasan dalam penyampaian pesan dakwah, kepribadian yang baik, serta pengetahuan yang luas. Pathos yaitu perasaan emosional khalayak yang dapat dipahami, serta penggunaan bahasa yang tepat dengan keahlian dogeng yang beliau miliki, mampu memainkan perasaan jamaah dengan baik. Logosyaitu dengan penyampaian pesan dakwah yang dilandasi dengan Al-Qur‟an dan Hadits menjadikan pesan tersebut mudah diterima dengan mudah oleh jamaah. Dengan kekayaan referensi yang da’i miliki mampu menjadi bekal yang layak dibagikan kemasyarakat sebagai pembelajaran, dalam artian memiliki bukti dan contoh yang konkret pada khalayak. Adapun penelitian ini merupakan jenis kualitatif, sumber data yang peneliti ambil dari masyarakat dengan menontonkan video durasi 58.47 menit untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap retorika ceramah dari KH Zainuddin MZ. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa KH Zainuddin MZ mampu menguasai retorika dengan baik dan benar sehingga membuat jamaah terkesan kagum dalam setiap pesan yang beliau sampaikan. Keunikkan karakter KH Zainuddin MZ yang dianggap rapi dalam mengatasi situasi masyarakat dalam penyampaian ceramah yang ditinjau dari ethos, pathos, dan logos. Baik itu dari penguasaan retorika, materi, pengetahuan, latar belakang pendidikan, pemilihan kata dan bahasa serta karakter yang unik dalam penyampaian ceramah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Retorika en_US
dc.subject Ethos en_US
dc.subject Pathos en_US
dc.subject Logos en_US
dc.subject KH Zainuddin MZ en_US
dc.title CERAMAH KH ZAINUDDIN MZ en_US
dc.title.alternative RETORIKA CERAMAH DENGAN JUDUL “BILA AJAL TIBA” en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account