Abstract:
Dalam memasarkan suatu pariwisata daerah, Komunikasi Pemasaran
sangat diperlukan. Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan untuk
menyampaikan, memperkenalkan, memberikan inforrmasi dan memasarkan
produk kepada konsumen. BKSDA Kalbar Wilayah II Sintang melakukan
komunikasi pemasaran dalam memasarkan Taman Wisata Alam Bukit Kelam
Sintang menggunakan Bauran pemasaran atau Mix Promotion.
Tujuan dari penelitian Strategi Komunikasi Pemasaran oleh BKSDA
Kalbar Wilayah II Sintang ini untuk dapat, mendeskripsikan dan mengkaji
bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Strategi Komunikasi
Pemasaran Pariwisata Bukit Kelam Sintang dalam menarik wisatawan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dan kesimpulan yang didapat dari data yang diperoleh
menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Bukit Kelam
Sintang dikomunikasikan dengan melakukan pemasangan Iklan, Penjualan
personal dengan mengikuti pameran dan event, Humas dan publikasi yaitu
melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah dan masyarakat lingkar Bukit
Kelam dan publikasi di media sosial serta melakukan komunikasi pemasaran
langsung di Bukit Kelam itu sendiri. Secara keseluruhan BKSDA Kalbar
wilayah II Sintang telah berhasil mengkomunikasikan pariwisata Bukit
Kelam Sintang sesuai dengan konsep Strategi Komunikasi Pemasaran
Terpadu baik dilakukan secara langsung ataupun menggunakan media sosial.
Akan tetapi pelaksanaannya dirasa masih kurang maksimal karena
keterbatasan personil dan pengetahuan Komunikasi pemasaran dari SDM. Ini
bisa diatasi dengan merekrut SDM yang lebih berpotensi dan berpengalaman
didalam ilmu komunikasi pemasaran.