Abstract:
Keterampilan public speaking tidak hanya dibutuhkan oleh orang
dewasa, tapi juga anak-anak. Mengembangkan keterampilan public
speaking sejak dini sangat penting untuk menunjang karir di masa yang
akan datang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana mengembangkan kemampuan berbahasa siswa kelas celoteh
anak, mengembangkan kemampuan public speaking siswa kelas celoteh
anak, membina kepercayaan diri siswa kelas celoteh anak di Borneo Talent
School Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data penelitian ini adalah mentor utama dan mentor pendamping
kelas celoteh anak. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan
dokumentasi yang dianalisis model interaktif. Pemeriksaan keabsahan
datanya ketekunan pengamatan, pengecekan sejawat dan kecukupan
refrensi.
Hasil penelitian menyimpulkan untuk mengembangkan kemampuan
berbahasa siswa kelas celoteh anak, Borneo Talent School Indonesia
mengadakan pertemuan khusus. Borneo Talent School mengadakan lomba
celoteh dan memberikan pengajaran pada siswa kelas celoteh anak tentang
komponen komunikasi publik yang efektif untuk mengembangkan
kemampuan public speaking siswa. Borneo Talent School Indonesia juga
menerapkan beberapa cara untuk membina kepercayaan diri siswa kelas
celoteh anak yaitu mendampingi, latihan bersosialisasi sesama siswa, latihan
gerak dan suara, serta memberikan ruang untuk siswa bereksplorasi.