Abstract:
Secara umum penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan dan kenyataan,
dimana masyarakat di ruang lingkup rapat pemerintahan juga dituntut harus bisa
memanfaatkan perubahan dan kemajuan teknologi sekarang ini. Sekarang sudah
ada media sosial, di mana Dinas Kominfo dari beberapa tahun sebelumnya media
sosial yang digunakan masih kurang update untuk memberikan informasi-informasi
seputar instansi maupun informasi yang lainnya sehingga pengikut media sosial
yang dikelola oleh Dinas Kominfo tersebut masih minim. Di era globalisasi ini
berbagai macam sumber informasi sangat mudah dapat akses terutama dengan
adanya internet sebagai wadah penyedia berbagai macam informasi yang di dapat.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, :1) Bagaimana bidang Kominfo
memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan citra pemerintah Kabupaten
Sekadau? 2) Media sosial apa saja yang digunakan bidang kominfo pemerintah
Kabupaten Sekadau? 3) Bagaimana kendala/hambatan yang di hadapi bidang
Kominfo Pemerintahan Kabupaten Sekadau dalam meningkatkan citra Positif
Melalui Media Sosial?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data dipilih dengan teknik purposive, sedangkan data yang di kumpulkan
melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di
olah dengan teknik analisis data melalui tahapan kegiatan pengumpulan data,
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Kominfo memanfaatkan media sosial sebagai
media informasi dan publikasi umtuk memberikan informasi seperti kinerja
pemerintahan, informasi seputar Kabupaten Sekadau dan selalu berusaha
memberikan informasi yang benar, jelas dan update serta dibarengi dengan
kreativitas. 2) Dinas Kominfo menggunakan media sosial berupa Youtube,
Instagram, Facebook dan website dengan nama akun atau channel “Madah
Sekadau” yang artinya memberikan informasi seputar sekadau dengan melalui
media sosial. 3) Dinas Kominfo memiliki kendala yaitu berupa jaringan untuk
mengkses internet karena masih ada daerah yang dirasa belum dapat mengakses
jaringan internet dan tidak hanya jaringan, kreatifitas juga menjadi kendala karena
dirasa kurang mampu untuk menarik peminat atau pun pengikut di media sosial.