Abstract:
Secara umum penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan
menganalisis Komunikasi Pemasaran Minimarket Basmalah Dalam Menarik Minat
Konsumen yang berada di Jl Gusti Situt Mahmud Siantan Kota Pontianak.
Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan atau
menarik kosumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Bagaimana
Minimarket Basmalah mengelola personal selling dalam menarik minat konsumen?
2) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan sales promotion dalam menarik
minat konsumen? 3) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan direct marketing
dalam menarik minat konsumen? 4) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan
iklan dalam menarik minat konsumen? 5) Bagaimana Minimarket Basmalah
melakukan event dalam menarik minat konsumen?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif,
Sumber data dipilh dengan teknik purposive, sedangkan data yang dikumpulkan
melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah
dengan teknik analisis data melalui tahapan kegiatan pengumpulan data, reduksi data,
display data dan menarik kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data
yang digunakan dalam penalitian ini adalah Triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) personal selling yang dilakukan yaitu dengan
penjualan suatu produk secara tatap muka oleh karyawan kepada konsumen untuk
menarik minat konsumen secara cepat untuk membelinya baik saat di Minimarket
Basmalah maupun saat berada diluar Minimarket Basmalah dengan terdapat sistem
delivey. 2) Sales Promotion yang dilakukan yaitu promosi penjualan produk secara
langsung, media cetak seperti brosur, maupun media sosial pada waktu tertentu dengan
harga yang lebih terjangkau kemudian berlaku juga untuk pembelian secara grosir
sehingga menjadi lebih evektif. 3) Direct Marketing yang dilakukan dengan
menawarkan promo-promo pada brosur secara langsung kepada konsumen meaupun
dengan media sosial WhatsApp maka komunikasi pemasaran menjadi lebih interaktif
dan evektif dengan mendapat respon cepat dari konsumen secara luas. 4) Iklan yang
dilakukan baik iklan produk terbaru Minimarket Basmalah maupun iklan berbagai
promo dan ucapan peringatan hari-hari besar Islam dan hari-hari Nasional yang
disebarkan diberbagai media sosial dengan fungsi dapat memberi informasi,
membujuk, dan mempengaruhi persepsi konsumen. 5) Event yang dilakukan dengan
terencana pada waktu tertentu yang dihadiri masyarakat dengan doa bersama
kemudian membagikan sembako dan diadakannya gebyar berbagai hadiah dan promo-
promo produk dengan harga yang lebih terjangkau. Kemudian juga dengan mengikuti
event kegiatan sosial maupun pemasaran instansi luar.