KOMUNIKASI PEMASARAN MINIMARKET BASMALAH DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DI SIANTAN KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.advisor Irfani, Amalia
dc.contributor.author PURWATI, SRI
dc.date.accessioned 2022-09-16T14:28:54Z
dc.date.available 2022-09-16T14:28:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1024
dc.description.abstract Secara umum penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan menganalisis Komunikasi Pemasaran Minimarket Basmalah Dalam Menarik Minat Konsumen yang berada di Jl Gusti Situt Mahmud Siantan Kota Pontianak. Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan atau menarik kosumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Bagaimana Minimarket Basmalah mengelola personal selling dalam menarik minat konsumen? 2) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan sales promotion dalam menarik minat konsumen? 3) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan direct marketing dalam menarik minat konsumen? 4) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan iklan dalam menarik minat konsumen? 5) Bagaimana Minimarket Basmalah melakukan event dalam menarik minat konsumen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Sumber data dipilh dengan teknik purposive, sedangkan data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan teknik analisis data melalui tahapan kegiatan pengumpulan data, reduksi data, display data dan menarik kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penalitian ini adalah Triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) personal selling yang dilakukan yaitu dengan penjualan suatu produk secara tatap muka oleh karyawan kepada konsumen untuk menarik minat konsumen secara cepat untuk membelinya baik saat di Minimarket Basmalah maupun saat berada diluar Minimarket Basmalah dengan terdapat sistem delivey. 2) Sales Promotion yang dilakukan yaitu promosi penjualan produk secara langsung, media cetak seperti brosur, maupun media sosial pada waktu tertentu dengan harga yang lebih terjangkau kemudian berlaku juga untuk pembelian secara grosir sehingga menjadi lebih evektif. 3) Direct Marketing yang dilakukan dengan menawarkan promo-promo pada brosur secara langsung kepada konsumen meaupun dengan media sosial WhatsApp maka komunikasi pemasaran menjadi lebih interaktif dan evektif dengan mendapat respon cepat dari konsumen secara luas. 4) Iklan yang dilakukan baik iklan produk terbaru Minimarket Basmalah maupun iklan berbagai promo dan ucapan peringatan hari-hari besar Islam dan hari-hari Nasional yang disebarkan diberbagai media sosial dengan fungsi dapat memberi informasi, membujuk, dan mempengaruhi persepsi konsumen. 5) Event yang dilakukan dengan terencana pada waktu tertentu yang dihadiri masyarakat dengan doa bersama kemudian membagikan sembako dan diadakannya gebyar berbagai hadiah dan promo- promo produk dengan harga yang lebih terjangkau. Kemudian juga dengan mengikuti event kegiatan sosial maupun pemasaran instansi luar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran en_US
dc.subject Minimarket Basmalah en_US
dc.subject Minat Konsumen en_US
dc.title KOMUNIKASI PEMASARAN MINIMARKET BASMALAH DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DI SIANTAN KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account