Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi
pada donatur Lembaga Munzalan Mubarokan, untuk mengetahui pelaksanaan
komunikasi, juga untuk mengetahui monitoring dan evaluasi Lembaga Munzalan
Mubarokan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari sumber primer dan sekunder. Data primer diperoleh dalam penelitian
ini melalui pengamatan dan wawancara dengan direktur, programer, dan custumer
cerrvice di Lembaga Munzalan Kubu Raya. Sementara itu data sekunder
didapatkan dari studi kepustakaan, baik itu dalam bentuk buku, artikel, arsip-arsip
penting maupun dari website yang berkaitan dengan proses pengembangan
donarur di Lembaga Munzalan Mubarakan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan
dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data,
penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan komunikasi yang
dilakukan adalah dengan rapat bersama, sementara dalam pelaksanaanya
mengutamakan SOP, Promosi melalui media sosial promosi melalui CVD kajian
dan sisitem online dan offline. Selain itu monitoring dan evaluasinya mereka
gunakan dalam bentuk databes dan melalui pesan wa. Serta dalam evaluasinya
sendidri mereka melakukan rapat bersama.
Selain managemen yang dilakukan oleh Lembaga Munzalan Mubarakan
dalam rekrutmen Donatur, diantaranya adalah; (a) perencanaan, dalam hal ini
pihak lembaga mengadakan rapat bersama membahas tetang rekrutmen; (b)
pelaksanaan, dalam hal ini time melakukan apa yang sudah direncanaakan
sebelumnya, melakukan komunikasi yang baik, ramah dan sopan kepada donatur,
menjalakan SOP; (c) monitoring dan evaluasi, dalam hal ini mengontrol para
donatur melalui chat whatsapp secara privat serta meng input data donatur yang
aktif memberikan sumbangan dan yang sudah tidak aktif. Dan dalam evaluasi
sendiri para staf dan manager mengadakan rapat mengenai kendala yang terjadi di
lapangan.