Abstract:
Fokus penelitian ini adalah. “1) Bagaimana upaya Pontianak Post
meningkatkan jumlah pembaca melalui profesionalisme penulisan berita dan 2)
Upaya Pontianak Post meningkatkan jumlah pembaca melalui kegiatan berita di
luar profesionalisme penulisan berita”.
Penelitian ini termasuk kualitatif, dengan sumber data terdiri dari sumber
primer dan sekunder: Sumber data primer Pimpinan Redaksi (Heryanto),
Sekretaris Redaksi (Silvina), Manager Pemasaran (Tri Yugo Suhartono),
Wartawan (Ahmad Safi) dan Redaktur (Chairunnisya). Sedangkan dengan
penelitian ini sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen penunjang yang
memiliki hubungan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulan data adalah
teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara dan teknik
dokumentasi.
Peneliti ini menyimpulkan pertama upaya Pontianak Post meningkatkan
jumlah pembaca melalui profesionalisme penulisan berita ialah harus mematuhi
kode etik jurnalistik. Selain itu Pontianak Post juga mempunyai unsur-unsur berita
yang digunakan ialah 5 W 1 H serta mempunyai mekanisme Redaksi untuk
menjaga kualitas berita yaitu mematuhi etika pers, mematuhi jam deadline, dan
melakukan tugas dengan baik di internal Redaksi, mulai dari wartawan,
fotografer, sekred, redaktur, percetakan hingga pemred. Kedua upaya Pontianak
Post meningkatkan jumlah pembaca melalui kegiatan berita diluar
profesionalisme penulisan berita ialah membuat kegiatan atau event seperti
syukuran, lomba masak, jalan sehat, lomba nyanyi, dan seluruh karyawan
Pontianak Post berjualan koran di lampu merah. Serta pada ulang tahun Pontianak
Post selalu memperkenalkan Pontianak Post dengan penyebaran sampel koran
gratis pada fasilitas publik agar pasar-pasar swalayan ingin bergabung dan
mempromosikan produknya di Pontianak Post.