Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan UMKM Mbok Dower di
Pontianak dalam meningkatkan penjualan produk usahanya berupa Rice
Bowl. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori
Marketing Communication yang dikemukakan oleh Kotler. Metodologi
penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif serta
menggunakan metode deskripstif agar dapat menjelaskan fokus dan tujuan
penelitian sedetail-detailnya mengenai strategi komunikasi pemasaran yang
digunakan UMKM Mbok Dower di Kota Pontianak dalam meningkatkan
penjualan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Mbok Dower
menggunakan beberapa strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan
penjualan produk Rice Bowlnya di Pontianak. Strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan yaitu: (1) Owner UMKM Mbok Dower
menerapkan teori komunikasi pemasaran dalam menjalankan usahanya,
yaitu
menggabungkan tiga strategi komunikasi pemasaran berupa:
marketing communiation, sales marketing, dan marketing event dalam
memasarkan produk usahanya (2) dalam menerapkan strategi komunikasi
pemasaran dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, owner Mbok
Dower melakukan segmentasi, targeting, dan positioning agar produk yang
dijual mampu bersaing dengan usaha serupa dan mampu menjangkau
konsumen yang menjadi sasaran dalam memasarkan produknya (3) dalam
memasarkan produk usahanya, owner Mbok Dower juga menerapkan
bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place dan promotion dan
ditunjang dengan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media
promosi alternatif yang bisa menjangkau seluruh masyarakat Pontianak dan
terbukti mampu bertahan meskipun sempat terdampak pandemi Covid-19.