Abstract:
Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan produk Tay Pin San Plus pada PT. Bintang Kupu-
Kupu area Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui:
perumusan, pelaksanaan dan evaluasi strategi komunikasi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan produk Tay Pin San Plus yang diterapkan oleh PT.
Bintang Kupu-Kupu area Kalimantan Barat.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif,
dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber
data primer dan sumber data sekunder, yaitu: 1) Sumber data primer
diantaranya Area Sales & Promotion Manager, Team Leader dan Sales
Promotion Girl PT. Bintang Kupu-Kupu area Kalimantan Barat; 2) Sumber
data sekunder adalah dokumen dan foto kegiatan komunikasi pemasaran PT.
BKK area Kalimantan Barat. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data diantaranya: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada
analisis data, peneliti menggunakan analisis model interaktif yang dilakukan
dengan tiga tahap yakni; reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi data. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data
yang peneliti lakukan yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi sumber
dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Area Sales & Promotion
Manager PT. Bintang Kupu-Kupu merumuskan strategi komunikasi
pemasaran dengan melakukan beberapa tahapan diantaranya; segmentasi
(demografi dan wilayah), targeting, diferensiasi produk dan positioning,
menentukan program kontrak kerjasama kepada outlet. Pada
pelaksanaannya menggunakan model komunikasi pemasaran terpadu
Integrated Marketing Communication (IMC) seperti; advertising, personal
selling, sales promotion, publicity and public relations dan direct
marketing. Sedangkan pada tahapan evaluasi, Area Sales & Promotion
Manager mengkaji faktor internal dan eksternal, mengukur kinerja dengan
membandingkan hasil serta melakukan tindakan korektif.