Abstract:
Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Panti Asuhan Uswatun Hasanah
berdiri untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anak yatim piatu, piatu, yatim
dan mualaf dengan cara mendidik, membina, membimbing, mengarakan dan
meberikan kasihsayang kepada mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembinaan
keagamaan di panti Asuhan Uswatun Hasanah Kota Pontianak, pengorganisasian
pembinaan keagamaan di panti Asuhan Uswatun Hasanah Kota Pontianak,
pelaksanaan pembinaan keagamaan dipanti Asuhan Uswatun Hasanah Kota
Pontianak, evaluasi dalam pembinaan keagamaan di panti Asuhan Uswatun
Hasanah Kota Pontianak.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan skunder. Teknik
pengumpulan data dan analisis data yang digunakan adalah wawancara observasi,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Sedangkan teknik pemerisaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi
data dan menber check.
Hasil dalam penelitian ini yaitu pada perencanaan perencanaan secara
musyawarah untuk merancang program kegiatan pembinaan untuk anak-anak asuh,
kegiatan apa saja yang akan dilakukan dan menentukan pokok materi pembinaan
sesuai dengan apa yang diberikan juga dalam pembinaan keagamaan pada bidang
pendidikan di Asrama Panti Asuhan Uswatun Hasanah. Pengorganisasian
Kerjasama antar pengurus yang terjalin dengan baik, membuat pengurus menjadi
semangat dan nyaman dalam melaksanakan tugas. Semua pengurus bisa
menyampaikan pendapat dan ikut adil dalam semua keputusan yang ada di Panti
asuhan. Dan pengurus juga telah membuat jadwal kegiatan dan tata tertib.
Pelaksanaan dalam pembinaan keagamaan di panti asuhan dilakukan langsung oleh
ketua/pimpinan/pengurus panti, dan didukung juga dengan melakukan pengawasan
dan tingkah laku dalam keseharian anak asuh supaya mereka menjadi lebih baik
dan lebih taat dengan aturan. Pemberian motivasi,pembimbingan, perjalinan
hubungan, penggerakan komunikasi, pengembangan dan peningkatan pelaksanaan.
Evaluasi untuk menegtahui sejauh mana berjalannya kegiatan yang dilakukan oleh
masing-masing bidang tersebut, kemudian untuk mengetahui hambatan apa saja
yang ada pada kegiatan tersbut.