Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana pola
pembinaan pengurus Panti Asuhan dalam membina akhlak pada santri
dimulai dari proses pembinaan, penerapan dan faktor penghambat dan
pendukung.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif jenis deskriptif. Artinya suatu bentuk penelitian paling dasar yang
dimana ditujukan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu
fenomena yang ada baik bersifat alamiah maupun rekayasa dari manusia.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) proses
pembinaan akhlak santri yang dilakukan pengurus adalah dengan
memberikan pelajaran diniyah atau khusus keagamaan kepada santrinya
seperti mengenai akhlak, adab dan lain sebagainya selain itu juga bukan
hanya dalam segi materi saja namun juga di praktekan langsung oleh
santrinya; (2) pembinaan akhlak yang diterapkan oleh pengurus terhadap
santrinya adalah selalu memberikan pengawasan terhadap santrinya agar
bisa mengikuti aturan yang diberikan serta perilaku santrinya; (3) faktor
penghambat dan pendukung dalam pembinaan akhlak, a) penghambat,
dimana para pengurus hanya merasa kewalahan dalam mengawasi santrinya
karena sedikitnya pengurus yang ada, b) pendukung, sebagai seorang
pengurus yang memiliki amanah dan tanggung jawab yang besar tentunya
ingin santrinya menjadi lebih baik dari sebelumya