Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap sesuai faktual
tentang: 1) Perencanaan bisnis online shop dengan pendekatan dakwah
dalam lingkungan Pondok Pesantren Munzalan; 2) Strategi pelaksanaan
bisnis online dengan pendekatan dakwah di Aghnia Store; 3) Pengawasan
dan evaluasi pada kegiatan bisnis online. Penelitian ini menggungakan
metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini
terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian teknik yang
digunakan untuk mengumpukan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan bisnis online di Aghnia Store
meliputi a) perencanaan tenaga pengajar spiritual company, dilakukan
perekrutan, dan seleksi b) Rekrutmen tenaga ahli yang dibutuhkan dalam
kegiatan bisnis online seperti IT, Marketing, dan programmer dengan proses
perekrutan dan bimbingan c) Rekrutmen santri untuk dilaksanakan
bimbingan bisnis online, diawali dengan perekrutan, pembagian
pelaksanaan waktu dan kelompok. 2) Strategi bisnis online juga meliputi: a)
membuat lapak bisnis online, memaksimalkan jaringan dan relasi, membuat
konten menarik, bergabung dengan marketplace, reward untuk para reseller
b) mengontrol dan membimbing aktivitas bisnis online. 3) Pengawasan dan
evaluasi yang dilakukan oleh Aghnia Store meliputi: a) Mengukur hasil
kinerja anggota b) Mengoreksi kinerja anggota c) Koordinasi bersama
seluruh para karyawan.