PEMBINAAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab
dc.contributor.advisor Misdah
dc.contributor.author MUSLIMIN
dc.date.accessioned 2022-09-01T07:50:56Z
dc.date.available 2022-09-01T07:50:56Z
dc.date.issued 2021-04-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/894
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya yang dilakukan dalam perbaikan terhadap pelanggaran pada siswa, maka setiap pelanggaran yang dilakukan akan menjadi suatu kebiasaan yang dianggapnya sebagai sesuatu yang biasa pula. Yang pada akhirnya guru akan menjadi pendidik yang gagal dalam membentuk siswa yang memiliki karakter disiplin. Siswa yang berkarakter akan menjadi penerus masa depan bangsa dan tugas membentuk siswa yang berkarakter mulia adalah tugas bagi seorang guru. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru dalam melakukan pembinaan karakter adalah melalui kegiatan pramuka. Peneliti menggunakan metode penelitian sesuai dengan jenis dan pendekatan. Tesis ini menggunakan desain studi kasus (Case Study) dengan metode kualitatif sumber datanya pembina pramuka, Setting Penelitian yaitu Tahap Pra Lapangan, Tahap Pekerjaan Lapangan (Observasi, Wawancara dan Dokumentasi) dan Tahap Pasca Lapangan. Adapun hasil penelitian ini (1 Bentuk pembinaan karakter melalui kegiatan pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa yaitu Bentuk langsung dan tidak langsung, Bentuk mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi dalam semua mata pelajaran, Bentuk kegiatan-kegiatan di luar mata pelajaran, Bentuk keteladanan, Bentuk nasehat-nasehat dan memberi perhatian, Bentuk reward dan punishment (2) Implementasi pembinaan karakter melalui kegiatan pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa di MIN 2 Pontianak yaitu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kecintaan pada alam dan semesta manusia, Kecintaan pada tanah air dan bangsa, Kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan, Tolong-menolong, Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Jernih dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, Hemat cermat dan bersahaja dan Rajin terampil dan gembira. (3) Faktor yang mempengaruhi pembinaan karakter melalui kegiatan pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa di MIN 2 Pontianak yaitu ada 2 faktor yaitu (1) Faktor intern: Faktor pembawaan, Faktor kesadarn, Faktor minat dan motivasi, Faktor pola pikir (2) Faktor Extern: Contoh atau teladan, Nasihat, Latihan dan Lingkungan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembinaan karakter, kegiatan pramuka, disiplin siswa en_US
dc.title PEMBINAAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account