PERAN GURU DALAM PENEGAKAN DISIPLIN SISWA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN AKHLAK ALKARIMAH DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA RANTAU PANJANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Istiqamah
dc.contributor.author Aziz
dc.date.accessioned 2022-08-31T10:51:04Z
dc.date.available 2022-08-31T10:51:04Z
dc.date.issued 2019-12-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/891
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan penegakan, pelaksanaan Penegakan, peran guru dalam pelaksananya dan faktor pendukung serta penghambat dalam penegakan Disiplin siswa seabagai upaya dalam mewujudkan Akhlak Al Karimah di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Dusun Sungai Pogok Desa Rantau Panjang Kecamtan Sebangki Kabupaten Landak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada guru tentang Penegakan Disiplin dalam Mewujudkan Akhlak Al Karimah di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Dusun Sungai Pogok Desa Rantau Panjang Kecamtan Sebangki Kabupaten Landak. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Wilayah penelitian dilaksanakan di MA Miftahul Huda dan subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan, dan Guru Aqidah dangan Guru PPKN serta delapan Siswa. Dengan proses kerjanya melalui observasi wawancara dan dokumen yang dilakukan dengan editing dan kodefikasi data, dengan pola-pola penjodohan, ekspalansi dan penyederhanaan pola dari data data yang terkumpul yang di susun secara sistematis objektif dan faktual. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Persiapan penegakan Disiplin siswa dilakukan dengan bermusyawarah dan merumuskan secara bersama-sama serta disosialisasikan pada masing-masing siswa/kelas tentang penegakan Disiplin yang kemudian guru tetap memberikan arahan, bimbingan bahkan peringatan kepada siswa yang telah melanggar tata tertib di madrasah. 2) Pelaksanaan penegakan Disiplin siswa dilakukan dengan cara disampaikan kepada guru fungsional dan struktural dan tetap memberikan pelayanan dan memberikan pemahaman tata tertib kepada siswa dengan cara memberikan pembiasaan dan keteladanan kepada siswa serta mengontrol kerapian, kebersihan dan tetap memberikan sanksi berupa teguran dan peringatan agar siswa yang bersangkutan tidak mengulanginya kembali. 3) Peran guru dalam penegakan Disiplin siswa dilakukan dengan memberikan contoh dalam Disiplin seperti tepat waktu, memberikan perhatian, motivasi dan bimbingan, menegur langsung secara tegas kepada siswa. 4) Faktor pendukung internal ditandai dengan adanya tata tertib madrasah yang terpasang di setiap kelas kemudian pendukung eksternal adalah dengan adanya persetujuan pihak yayasan, guru dan tokoh masyarakat. Selanjutnya faktor penghambat internal ditandai dengan adanya perbedaan kesadaran/kematangan siswa serta yang menjadi faktor penghambat eksternal adalah kurangnya motivasi orang tua terhadap siswa dalam mentaati tata tertib di madrasah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.subject Akhlak Terpuji id
dc.subject Madrasah Aliyah id
dc.subject Landak id
dc.title PERAN GURU DALAM PENEGAKAN DISIPLIN SISWA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN AKHLAK ALKARIMAH DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA RANTAU PANJANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account