Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1 mengetahui langkah langkah pemanfaatan media pembelajaran dalam pelajaran Fiqih dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kabupaten Kubu Raya, 2) mengetahui keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kabupaten Kubu Raya dan 3) mengetahui peningkatan dalam pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih dikelas III Madrasah Ibitidaiyah Imaduddin Kabupaten Kubu Raya.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih untuk sampai pada kesimpulan, peneliti menggunakan analisis data model deskriptif yang terdiri dari yaitu: reduksi data, Penyajian (display) data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Langkah-langkah dalam penggunakan media tape Recorder yaitu tekan tombol on, tekan tombol open, masukan kaset yang akan diputar, tekan tombol close dan tekan tombol play. Selanjutnya langkah-langkah dalam pemanfaatan media kamera video yaitu membawa hp di kelas, buka hp tersebut, memilih hasil vidio dan hubungkan ke laptop agar siswa melihat langsung hasil camera vidio. 2) keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dikategorikan terampil, 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori cukup meningkat.