Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kewajiban guru untuk memiliki
kompetensi. Untuk menjadi guru yang kompeten diperlukan upaya yang sungguh-
sungguh dan komprehensif. Salah satu cara meningkatkan kompetensi guru dapat
ditempuh dengan ikut serta KKG-MI. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap: 1)
Keikutsertaan Guru PAI Se-Kecamatan Rasau Jaya Tahun Pelajaran 2017/2018
dalam kegiatan KKG-MI ; 2) Kompetensi pedagogik Guru PAI Se-Kecamatan
Rasau Jaya Tahun Pelajaran 2017/2018; 3) Kompetensi profesional Guru PAI Se-
Kecamatan Rasau Jaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah peserta KKG-MI
Rasau Jaya yang berjumlah 16 orang. Alat pengumpul data berupa angket. Data
diolah secara kuantitatif menggunakan uji hipotesis.
Adapun kesimpulan pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Keikutsertaan
guru dalam KKG-MI memberikan kontribusi sebesar 87% terhadap kompetensi
pedagogik dan profesional Guru PAI Se- Kecamatan Rasau Jaya Tahun Pelajaran
2017/2018. 2) terdapat pengaruh keikutsertaan guru dalam KKG-MI terhadap
kompetensi pedagogik Guru PAI Se- Kecamatan Rasau Jaya tahun pelajaran
2017/2018. 3) terdapat pengaruh keikutsertaan guru dalam KKG-MI terhadap
kompetensi profesional Guru PAI Se- Kecamatan Rasau Jaya Tahun Pelajaran
2017/2018.