PELAKSANAAN PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN PADA MTS NURUL MUKHLISIN KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mian, Firdaus
dc.contributor.advisor Ma'ruf
dc.contributor.author Kudsiyeh
dc.date.accessioned 2022-06-28T07:50:14Z
dc.date.available 2022-06-28T07:50:14Z
dc.date.issued 2021-06-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/819
dc.description.abstract Kepala sekolah memainkan perannya sebagai pemimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal, kemampuan mengembangkan visi dan melaksanakan misi sekolah dan merasa sekolah sebagai miliknya dalam makna yang positif. Banyak peranan yang harus dimainkan kepala sekolah di sekolah yang dipimpinnya. Di antara peran yang harus dilakukan secara optimal oleh kepala sekolah ialah peran sebagai Lambang (Figurehead), Kepemimpinan (leadership), dan Penghubung (Liasion). Dalam mengoptimalkan ketiga peran tersebut, maka kepala sekolah harus bekerja keras untuk berhasil di dalam pelaksanaanya tidak terkecuali Kepala MTS Nurul Mukhlisin. Kepala MTS Nurul Mukhlisin terkadang kurang tegas dalam memutuskan suatu masalah terutama ketika ada masalah antara warga sekolah dengan warga sekitar. Dari paparan tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang peran kepala madrasah sebagai lambang (Figurehead), kepemimpinan (leadership) dan penghubung (Liasion) yang dilaksanakan oleh Kepala MTS Nurul Mukhlisin. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran kepala sebagai lambang (Figurehead), kepemimpinan (leadership) dan penghubung (Liasion)penghubung di MTs Nurul Mukhlisin. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya kepala sekolah. Setting penelitian ini sekolah MTS Nurul Mukhlisin dan dua orang guru. Tehnik pengumpulan data yang digunakan tehnik wawancara mendalam, tehnik observasi dan tehnik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif melalui tahapan: reduksi data, disply data, verifikasi dan kesimpulan. Sedangkan tehnik pemeriksaan kkeabsahan data, yaitu pengamatan terus menerus, triangulasi, dan mengadakan memberchek. Dari hasil dari peneliti lakukan maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Sebagai lambang (figurehead) sekolah yaitu dengan menjadi panutan bagi bawahannya dan rajin dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat legal sosial seperti memimpin rapat dan menghadiri undangan dari luar yang mengundangnya sebgaai penceramah. 2) Peran sebagai pemimpin dilakukan dengan cara menjadi supervisor, motivator serta manager sehingga tercipta lingkungan belajar yang nyaman dan proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. 3) Peran sebagai penghubung dilakukan dengan cara menguatkan tali persaudaraan sesama warga sekolah dan mengharmoniskan hubungan antara warga sekolah dengan warga masyarakat sekitar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran, Pemimpin, Kepala Madrasah en_US
dc.title PELAKSANAAN PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN PADA MTS NURUL MUKHLISIN KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account